Menggoda Lidah, Ini 7 Makanan Khas dari Provinsi di Pulau Jawa

berita hari ini, berita terkini, berita terbaru, info berita, info terbaru, info terkini, info hari ini, berita, info, terbaru, terkini, terupdate, tepercaya, liputan, warta, media, Politik, kriminal, olahraga, Indonesia, Nasional, Internasional, siaran langsung, ramadhan, ramadan, puasa ramadhan, wisata, bisnis, properti, teknologi, finance, otomotif, kuliner, gaya hidup, lifestyle, hukum, tutorial, pendidikan, game, hiburan, aplikasi, gadget, food, travel, destinasi, destination, advertorial, kesehatan, property, liputan khusus di Indonesia, berita unik, kecelakaan, www.kotakendari.com, kotakendari.com, kendari, kota kendari, sulawesi tenggara, makanan khas Pulau Jawa

KotaKendari.com – Pulau Jawa tidak hanya kaya akan keindahan alamnya, tetapi juga menyimpan kekayaan kuliner yang menggoda lidah dari tiap-tiap provinsinya. Berikut adalah tujuh makanan khas yang tak boleh dilewatkan dari masing-masing provinsi di Pulau Jawa.

7 Makanan Khas dari Provinsi di Pulau Jawa

1. Soto Ayam, Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah memiliki soto ayam yang tak tertandingi. Soto ayam khas Jawa Tengah memiliki kuah kaya rempah, disajikan dengan potongan daging ayam, tauge, bawang goreng, seledri, dan ditambah dengan kerupuk serta sambal. Rasanya yang gurih dan hangat membuatnya menjadi hidangan sarapan atau makan siang yang populer.

2. Rawon, Jawa Timur

Rawon adalah hidangan khas Jawa Timur yang terkenal dengan kuah hitamnya yang kaya rempah. Dibuat dengan menggunakan daging sapi yang dimasak dengan bumbu kluwek, yang memberikan warna hitam khas. Rasanya yang gurih dengan aroma rempah yang kuat membuat rawon menjadi salah satu makanan yang sangat disukai di wilayah ini.

3. Gudeg, Daerah Istimewa Yogyakarta

Gudeg adalah hidangan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan serta bumbu rempah khas. Biasanya disajikan dengan ayam, telur, tahu, dan sambal krecek. Gudeg memiliki rasa manis gurih yang unik dan menjadi sarapan favorit di kota ini.

4. Pecel Lele, Jawa Barat

Jawa Barat terkenal dengan pecel lele, sebuah hidangan lele goreng yang disajikan dengan sambal kacang dan lalapan. Rasanya yang gurih dan renyah pada bagian kulit lele yang digoreng membuat pecel lele menjadi hidangan yang paling diminati di Jawa Barat.

5. Nasi Pindang, Banten

Nasi pindang adalah hidangan khas dari Banten yang terdiri dari nasi yang dimasak dalam kuah pindang ikan yang kaya rempah. Disajikan dengan potongan ikan dan bumbu khas, nasi pindang memiliki cita rasa yang unik dan lezat.

6. Tahu Campur, DKI Jakarta

Tahu campur adalah hidangan khas dari DKI Jakarta yang terdiri dari potongan tahu, taoge, lontong, telur, dan disiram dengan kuah kental yang terbuat dari bumbu kacang. Rasanya yang gurih dan menyegarkan membuatnya menjadi favorit masyarakat Jakarta.

7. Sate Kambing, Jawa Barat

Sate kambing adalah hidangan yang sangat terkenal di Jawa Barat. Dibuat dengan daging kambing yang dimasak dengan bumbu rempah khas, dipanggang, dan disajikan dengan sambal kacang serta lontong. Sate kambing memiliki cita rasa yang gurih dan legit, sangat cocok dinikmati sebagai hidangan malam.

Masing-masing provinsi di Pulau Jawa memiliki keunikan dan kelezatan tersendiri dalam hidangan khasnya. Mencicipi berbagai makanan khas ini adalah salah satu cara terbaik untuk merasakan kekayaan budaya kuliner Indonesia.

adbanner